Yang Lain Boleh Bersandiwara, Saya Apa Adanya..

Selasa, 06 April 2010

Tgs IBD Part 1

ASCENT OF MENT

Part 1- LOWER THAN THE ANGELS

Manusia telah hidup di bumi sejak 4 juta tahun yang lalu. banyak ilmuwan mempercayai, kehidupan manusia berawal dari terpisahnya sebuah spesies hominid dari garis evolusi primata yang akan menurunkan simpanse dan gorila. Kemudian, hominid ini berkembang dan menurunkan manusia modern, Homo sapiens. pernyataan ini dipengaruhi oleh teori evolusi yang dikemukakan oleh Charles Darwin yang dapat dijabarkan sebagai berikut. Teori evolusi adalah suatu teori yang menyatakan bahwa makhluk hidup pada masa lampau, beradaptasi dan mengalami perubahan bentuk bagian-bagian tubuhnya. biasanya, proses ini terjadi dalam waktu yang sangat lama. Proses ini disebut evolusi.

Disebutkan di teori tsb mengenai manusia berasal dari keturunan Hominiid, yang arti nya makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri diantara manusia dan kera. Fosil hominid tertua yang pernah ditemukan adalah Australopithecus africanus(pada buku Jacob Bronowski, sedikit menyinggung tentang fosil ini yang mana terdapat fosil-fosil kuno yg ditemukan dan Ia juga dilihat Spanyol beberapa lukisan gua. Ini mencakup beberapa seni grafis komputer, gaya 1973an.

Lalu pada 2 juta tahun lalu muncullah Homo habilis, spesies ini diperkirakan merupakan keturunan dari Australopithecus africanus. Kemudian, mereka digantikan oleh Homo Erectus

Kemudian, Homo erctus menurunkan Homo Neanderthalensis. Homo Neanderthalensis hidup di gua-gua dan telah bisa mengubur orang mati. Di beberapa wilayah, mereka mampu bertahan sampai 40.000 tahun yang lalu. Akan tetapi, mereka punah daan digantikan Homo sapiens, manusia modern.yang sudah berkembang dari manusia-manusia purba sebelumnya.

Dan itulah beberapa penjelasan dari teori tentang sejarah kehidupan manusia. Tapi hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang telah tertulis dalam Al-Qur’an. Di dalam Al-Qur’an tertulis bahwa manusia telah diciptakan dengan bentuk yang sempurna tanpa ada kekurangan sedikitpun.tetapi saya tidak bisa menjelaskan secara detail.

Setelah itu saya mulai memahami, bahwa Manusia di ciptakan Allah SWT dengan derajat yang paling tinggi, dan juga manusia adalah Makhluk Allah yang paling sempurna, karena mempunyai akal, pikiran, dan juga hawa nafsu.

Lalu ada juga hubungan dari film wall-e terhadap video berseri ascent of man “lower than angels “ adalah. Pertama kita melihat bahwa video lowers than angels itu menceritakan tentang prototype bumi 400 ribu tahun yang lalu. Perubahan masa evolusi manusia hingga jaman sekarang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkempbang pesat pada peradaban manusia menjadi inti utama dari permasalahan ini. Yang jadi masalahnya bukan karena perkembangan iptek-nya tapi karena sikap manusia yang terlalu serakah dan tidak peduli terhadap keadaan bumi sehingga keadaan bumi semakinmemburuk abad-demi abad.

Pada film wall-e diperkirakan bahwa pada tahun 2110 Bumi sudah terlalu tercemar dan sudah tidak memungkinkan untuk dihuni oleh manusia. Hal itu pantas jadi hal yang sangat mencemaskan bagi kelangsungan hidup manusia. Karena manusia tidak mungkin hidup tanpa adanya bumi. Bumi adalah tempat hidup kita satu-satunya. Bumi diciptakan oleh tuhan yang maha esa untuk menjadi tempat hidup manusia. Rumah kita semua. Keserakahan dan keangkuhan manusialah yang membuat semua menjadi seperti yang diperkirakan dalam film wall-e. maka dari itu fil ascent of man mengingatkan kita dalam evolusinya bumi 400 ribu tahun yang lalu. Bumi begitu asri dan berjalan sesuai dengan hukum alam yang ada. Semuanya berjalan sesuai kehendaknya. Tak ada yang namanya perusakan ataupun kehancuran yang mengganggu keseimbangan bumi. Keseimbangan bumi sangat penting bagi kehidupan manusia juga. Slayaknya timbangan yang seimbang akan menunjukan keadilan yang nyata kepada setiap orang yang melihatnya.
Teringatnya kita akan gambaran bumi 400ribu tahun yang lalu akan menggugah semangat kita untuk menjadikan bumi ini lebih baik dari sebelumnya. Bahkkan menyamai keasrian 400ribu tahun yang lalu.robot yang tercipta dalam film wall-e menyadarkan kita akan arti pentingnya usaha kita sendiri yang tidak terlalu dimanjakan oleh iptek. Karena sekalipun iptek membawa peradaban manusia menjadi lebih maju, tapi iptekpun mempunyai kelemahan yang bisa membawa kerugian kepada manusia yang ada.
Betapa indahnya kesatuan antara alam dan manusia. Keduanya bisa bekerja sama untuk kelangsungan hidup masing2. gunung yang menjulang tinggi, langit yang terlukis indah, sungai yang mengalir ke beberapa arah, lautan luas yang menjadi pembatas daratan alami. Itu semua adalah gambaran dari sebuah bumi. Yang sewaktu-waktu dapat berevolusi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar