Yang Lain Boleh Bersandiwara, Saya Apa Adanya..

Kamis, 07 April 2011

Teknologi energi


Rubrik ini adalah kumpulan artikel tentang energi yang di-upload oleh para member kami. Semoga bermanfaat bagi pengunjung yang ingin: mencari kumpulan referensi tentang energi, mengetahui seluk beluk tentang energi terbarukan secara khusus, mengaplikasikan energi terbarukan dilingkungannya. 

Teknologi energi adalah teknologi yang terkait dengan bidang-bidang mulai dari sumber, pembangkitan, penyimpanan, konversi -energi dan pemanfaatannya untuk kebutuhan manusia. Sektor kebutuhan utama yang paling besar dalam jumlah untuk massa mendatang adalah sektor kelistrikan dan sektor transportasi. Sumber energi dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Dalam pembangkitan energi beberapa sistem pembangkitan yang telah digunakan untk memenuhi kebutuhan energi didunia, seperti: pembangkit listrik tenaga air /PLTA, pembangkit listrik tenaga surya/PLTS, pembangkit listrik tenaga uap dan gas/PLTU,PLTG, pembangkit listrik panas bumi/PLTP, pembangkit listrik tenaga angin/bayu/PLTB, pembangkit listrik tenaga gelombang laut/PLTGL, dan pembangkit listrik tenaga nuklir/PLTN. Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.
Kumpulan artikel tentang Energi Terbarukan secara umum. Sumber energi dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Energi terbarukan adalah energi yang bila dipergunakan akan dapat dipergunakan terus menerus seperti angin, air, matahari. Energi ini tidak bisa habis dikonsumsi oleh manusia sejagad sepanjang masa. Energi terbarukan lebih identik dengan energi ramah lingkungan atau "green energy". Energi ini juga tidak memberikan dampak pemanasan global karena telah eksis sejak jutaan tahun silam dan berada dalam keseimbangan alami.

Kumpulan artikel artikel menarik tentang energi matahari. Pembangkit listrik tenaga surya, pompa air tenaga surya, solar home system, solar light system, dan banyak aplikasi kelistrikan yang mempergunakan tanaga dari matahari. Sangat berpotensi dikembangkan didaerah equator, dimana durasi matahari jauh lebih panjang dibandingkan dengan daerah sub tropis dimana teknologi ini ditemukan.

Kumpulan artikel artkel menarik tentang energi angin dari berbagai sumber. Wind turbine adalah energi masa depan yang tidak mungkin habis. Semakin kacau ekosistem maka keberadaan angin akan semakin berlimpah. Angin adalah energi murah yang tersedia dimana mana siang maupun malam hari.

Kumpulan artikel artikel tentang energi air atau ya ng sering disebut sebagai hydro power plant (pico hydro,micro hydro, mini hydro). Tenaga air memberikan listrik yang lebih konstant daripada energi angin maupun energi surya. Keluaran listriknya lebih bisa diandalkan dan biasanya menghasilkan tegangan siap pakai.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan dari ini biasa disebut sebagai hidroelektrik. PLTA lebih diidentikkan dengan pembangkit lisrtik skala sebesar waduk atau dam seperti Waduk Saguling, Waduk Cirata dll.Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air.

Kumpulan artikel mengenai pembangkit listrik tenaga ombak. Energi ini adalah yang akan mempunyai masa depan yang paling diandalkan terutama untuk negara negara kepulauan. Terbagi dalam beberapa sub kategori: ombak pantai, gelombang laut, dan arus laut.

Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sambah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida.Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik. Dari Wikipedia bahasa indonesia

Biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian. Ada tiga cara untuk pembuatan biofuel: pembakaran limbah organik kering (seperti buangan rumah tangga, limbah industri dan pertanian); fermentasi limbah basah (seperti kotoran hewan) tanpa oksigen untuk menghasilkan biogas (mengandung hingga 60 persen metana), atau fermentasi tebu atau jagung untuk menghasilkan alkohol dan ester; dan energi dari hutan (menghasilkan kayu dari tanaman yang cepat tumbuh sebagai bahan bakar).

Fuel Cell atau Sel Bahan Bakar adalah sebuah alat elektrokimia yang mirip dengan baterai, tetapi berbeda karena dia dirancang untuk dapat diisi terus reaktannya yang terkonsumsi; yaiut dia memproduksi listrik dari penyediaan bahan bakar hidrogen dan oksigen dari luar. Hal ini berbeda dengan energi internal dari baterai. Sebagai tambahan, elektroda dalam baterai beraksi dan berganti pada saat baterai diisi atau dibuang energinya, sedangkan elektroda sel bahan bakar adalah katalitik dan relatif stabil. Dari Wikipedia bahasa indonesia.

Energi sampah tidak termasuk kedalam kelompok energi terbarukan. Namun ini adalah energi yang tidak mungkin habis sepanjang masa. Bahkan cenderung meningkat dan menjadi masalah kehidupan modern. Sebelum sampah musnah dengan sendirinya maka akan menimbulkan polusi dan penyakit. Membakar sampah dan mengambil energi panasnya lebih menguntungkan dibandingkan membuangnya ke TPA yang memakan biaya pengangkutan yang tidak dapat dikatakan murah. Panas yang dihasilkan dari pembakaran sampah di kota dapat menghasilkan listrik yang cukup besar untuk kepentingan masyarakat.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah stasiun pembangkit listrik thermal di mana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik. PLTN termasuk dalam pembangkit daya base load, yang dapat bekerja dengan baik ketika daya keluarannya konstan (meskipun boiling water reactor dapat turun hingga setengah dayanya ketika malam hari). Daya yang dibangkitkan per unit pembangkit berkisar dari 40 MWe hingga 1000 MWe. Unit baru yang sedang dibangun pada tahun 2005 mempunyai daya 600-1200 MWe.

Energy Bank dapat diartikan sebagai media penyimpanan energi. Salah satu bank energi yang paling besar adalah bendungan, energi yang disimpan dalam bentuk air. Battery juga merupakan media peyimpanan energi dalam bentuk listrik yang sangat praktis dan bisa dibawa kemana2. Battery diaplikasikan pada berbagai kebutuhan sehari2 seperti jam tangan, handphone, mainan anak2, mobil, pesawat terbang, kapal laut, hingga battery bank untuk energi terbarukan yang dapat men-supply kebutuhan sebuah rumah atau gedung bahkan sebuah desa.

Batapa banyaknya energi yang dapat dipanen dari berbagai sumber alam. Sumber daya energi bergeser seiring dengan berjalannya waktu. Kumpulan artikel artikel menarik tentang berbagai energi lainnya seperti energi nuklir, energi panas bumi, energi bio-fuel, dll

Kumpulan artikel menarik yang tidak berhubungan dengan energi yang terlanjur di upload oleh member. Artikel artikel yang tidak relevan dengan energi akan dikelompokan di sini.

Terima kasih kepada member yang telah meng-upload artikelnya disini. Tulisan anda sangat bermanfaat bagi para pengunjung yang lain. Apabila artikel yang anda muat adalah hasil copy paste, mohon memperhatikan aturan copy paste dengan paling tidak mencantumkan sumber dan link-nya (jika ada). Bagi yang merasa keberatan atas di-copy paste dan dimuat artikelnya didalam rubrik ini, silahkan meng-email kepada administrator untuk mencabut artikel yang dimaksud.

Kelangkaan pasokan listrik memaksa PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) kerap melakukan pemadaman. Sektor usaha yang paling rentan terkena dampaknya adalah usaha kecil dan menengah (UKM). Pemberitahuan sebelum pemadaman akan sangat membantu, karena dengan demikian, UKM dapat melakukan penyesuaian antara waktu dan produksinya, katanya. Pemadaman harus dengan pemberitahuan, sehingga mereka bisa menyesuaikan waktu berproduksi. Karena, kalau UKM mengurangi produksi, mereka akan sangat dirugikan, dan masih ada dampak lanjutannya yang akan mereka terima.

Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat. Dari Wikipedia bahasa Indonesia

  • 500 - Promosi Harga Murah Produk Energi Terbarukan   ( 1 Artikel )
    Ready Stock. Promosi harga murah produk energi terbarukan dar Alpen Steel. Manfaatkan segera produk2 berkualitas dan bergaransi dari Alpen Steel. Harga tidak mengikat sewaktu waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Hubungi kami untuk ketersediaan barang.

Sumber dan referensi :
http://www.alpensteel.com/article.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar